Apakah anda pernah baca ketentuan bagi pemegang rekening giro Bank BCA? Apakah anda ingat butir ke 5 pada bagian B. Syarat-syarat Umum?

Bagi anda pemegang rekening giro lama, mungkin anda tidak ingat, bahwa ada point berikut berdasarkan dokumen itu yang bernomor ID 204/C/2008, Halaman 1/7 Nasabah dan masih berlaku sampai sekarang.

Pemegang Rekening dengan ini memberikan persetujuan kepada BCA untuk memberikan data-data Pemegang Rekening kepada pihak lain dalam rangka kegiatan promosi atau untuk tujuan komersial lainnya. Pemegang Rekening membebaskan BCA dari segala tuntutan yang timbul akibat pemberian data-data kepada pihak lain tersebut.

Sekilas, menurut kemampuan awam saya, bahwa sebagai nasabah kita memberikan BCA hak untuk memberikan data-data kita kepada pihak lain, bukan begitu?

Mungkin pada masa dahulu, kita belum mengalami spamming sms iklan, penawaran kartu kredit atau pembukaan rekening saham sejenis. Akan tetapi setelah tahun 2010, semua berubah. Tiada hari tanpa menerima spamming atau penawaran-penawaran.

Kalau kasusnya demikian, siapakah yang salah? BCA tentu tidak pada pihak yang bersalah dan bisa dipersalahkan karena kita sebagai nasabah telah memberi ijin. Bagaimanakah kita sebagai konsumen yang di sisi pihak yang tergantung pada jasa layanan BCA? Sebagai pemilik satu suara kecil, saya tidak tahu selain posting disini berharap anda ada yang merasa seperti saya juga, atau ada yang bisa melakukan aksi lebih jauh untuk memerangi “penjajahan” data diri konsumen ini?


related posts